Kepada Da’i, Syaikhu Berpesan Jaga Ukhuwah

Bogor – Allah SWT menganjurkan bagi setiap du’at untuk memprioritaskan hal yang pokok dibandingkan persoalan ikhtilaf. Mengingat perpecahan umat muslim rentan muncul karena persoalan yang furu’. Padahal  Al-Qur’an menjelaskan ”..Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya..”(Q.S.Al-Syuura: 13).

Itulah pengantar yang disampaikan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu ketika menghadiri Pelatihan Mubaligh yang diadakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bekasi, Jum’at 17 Januari 2014 di Bogor.

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini (17-19 Januari) dihadiri oleh da’i muhammadiyah se-Kota Bekasi dengan mengambil tema “Terwujudnya Mubaligh-mubaligh Muhammadiyah yang Profesional, Mandiri dan Berwawasan Qur’an Sunnah”.

Dalam penyampaiannya, Ahmad Syaikhu menjelaskan pentingnya nilai ukhuwah islamiyah bagi para mubaligh atau pendakwah. Karena dakwah tidak akan tercapai jika diantara sesama da’i tidak saling merangkul dan membantu.

Lalu ia menambahkan pentingnya Ukhuwah Islamiyah dengan mengutip Sirah (sejarah) Rasulullah SAW yang mendamaikan diantara dua golongan yakni kalangan anshar dan muhajirin.

“Lalu Nabi SAW menggenggamkan tangan dua orang, seorang dari Muhajirin dan seorang lagi dari Anshar. Dan Rasul berkata pada mereka, “Bersaudaralah karena Allah dua-dua,” tuturnya kepada peserta Pelatihan.  

Dirinya juga berpesan kepada para da’i untuk bersinergi membantu pemerintah dan masyarakat Kota Bekasi agar saling menjaga kerukunan, saling menghormati, toleransi dan bisa meningkatkan kualitas masyarakat terhadap agama Islam dengan baik. Demi tercipta masyarakat yang maju, sejahtera dan ihsan. (feb)

Leave a Comment