SMS CENTER 0812 9758 2662

Pemkot Bekasi Segera Kembalikan Anjal ke Sekolah

Keberadaan anak jalanan (Anjal) di Kota Bekasi terus diupayakan langkah penyelesaiannya. Salah satunya dengan program mengembalikan mereka ke sekolah. Program ini melalui pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan pihak ketiga.

Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu mengatakan pemerintah setempat sedang konsentrasi mengembalikan anak-anak jalanan kembali ke bangku sekolah. "Ini hak mereka. Dan Negara wajib menyekolahkan mereka," katanya.

Meski ini dipandang sulit Ahmad Syaikhu optimis bisa mendudukkan anak-anak jalanan tersebut ke sekolah. Pasalnya anak-anak jalanan tersebut sudah merasa lebih nyaman dijalanan ketimbang sekolah.

"Mereka kadang merasakan nikmatnya di jalanan. Di jalanan mereka bisa dapat uang. Sementara di sekolah beban yang ada," jelas Ahmad Syaikhu.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Agus Dharma Suwandi, menuturkan, saat ini Dinsos Kota Bekasi sudah menyusun program untuk mengembalikan anjal ini ke sekolah.

"Program ini sebenarnya sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu, dan diharapkan tahun 2014 ini bisa direalisasikan," tutur Agus.

Jelas Agus, untuk memuluskan program tersebut, Dinsos Kota Bekasi telah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Karena saat ini setiap anak jalanan yang terjaring razia, biasanya akan langsung dibina oleh Dinsos yang kemudian setelah proses pembinaannya selesai, mereka akan dikembalikan lagi ke orang tua mereka masing-masing.

"Pada saat pengembalian tersebut kami memberikan himbauan agar mereka bisa bersekolah lagi," ujarnya.

Untuk saat ini, diakui Agus, Dinsos Kota Bekasi membina sekitar 100 lebih anjal yang kesemuanya berasal dari razia yang dilakukan pihaknya di Kota Bekasi.

Program pengembalian anjal agar kembali bersekolah ini sebenarnya dijalankan atas dasar program pemerintah yang menggulirkan program pengurangan pekerja anak (PPPA).

"PPPA digulirkan dalam lima tahun terakhir ini, dan untuk Kota Bekasi sendiri saat ini terdapat 100 lebih anjal yang masih dibina agar nantinya mereka bisa kembali lagi bersekolah," katanya.

Ia pun berharap agar program ini bisa membantu pemerintah daerah (Pemda) Kota Bekasi dalam mengurangi jumlah anak putus sekolah karena alasan ekonomi. [hms/fbi/foto:alan]

ShareShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *