SMS CENTER 0812 9758 2662

Pemkot Bekasi Siap Terapkan Akuntasi Berbasis Akrual

Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi berkomitmen untuk melaksanakan reformasi di bidang akuntansi terutama untuk penerapan akuntansi berbasis akrual. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu ketika membuka acara bimbingan teknis persiapan penggunaan akuntansi berbasis akural.

Akuntansi berbasis akrual ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang keuangan negara yang menyatakan bahwa ketentuan tentang pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual dilaksanakan selambat-lambatnya dalam lima (5) tahun.

“Seluruh pemerintah daerah mulai tahun 2015 harus menerapkan basis akrual secara penuh dalam proses penyusunan laporan keuangan. Oleh sebab itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual,” kata Ahmad Syaikhu.

Ia meminta para peserta harus mengikuti bimtek dengan baik, mulai dari awal hingga akhir. Harapannya jajaran birokrasi dilingkungan Pemerintah Kota Bekasi memahami maksud dan tujuan dari pelatihan yang dilaksanakan, tentang pencatatan pelaporan keuangan SKPD.

“Diharapkan dari pelatihan ini para birorasi yang bertugas sebagai administrasi keuangan memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis para pengelola administrasi keuangan dalam melaksanakan akuntansi berbasis akrual,” katanya.

Penerapan akuntansi berbasis akrual memang menyajikan tantangan yang cukup besar baik dari segi kesiapan peraturan teknis pelaksanaan, struktur dan infrastruktur organisasi pemerintahan, budaya, sistem dan prosedur, hingga kesiapan dari sumberdaya manusianya. Semua elemen tersebut perlu dilakukan perubahan atau pembaharuan sehingga basis akrual dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (ito)

ShareShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *