SMS CENTER 0812 9758 2662

Inspirasi Kerelawanan OI Bekasi

IMG_2033Sejatinya setiap individu memiliki potensi untuk melakukan sesuatu untuk kebaikan bersama. Entah, aksi dalam lingkup RT/RW maupun level kota. Setiap warga bisa memberikan kontribusi dalam perbaikan lingkungan masing-masing.

Dengan potensi masing-masing, setiap kita bisa memberikan sumbangsih untuk lingkungan sekitar atau pada masyarakat Kota Bekasi secara umum. Setiap orang memiliki kemampuan dan kelebihan masing-masing yang bisa didarma bhaktikan pada kemajuan Kota Bekasi.

Bagi yang ekspert pada bidang tertentu sangat diharapkan masukan dan ide-idenya dalam perbaikan Kota Bekasi. Poinnya, apa yang kita miliki saat ini bisa kita berikan untuk kemajuan Kota Bekasi.

Menurut penulis, setiap warga Kota Bekasi bisa menjadi relawan untuk memajukan kota yang kita cintai ini. Kedepan, yang kita butuhkan adalah menghidupkan budaya guyub. Sadar atau tidak, sedikit namun pasti, budaya guyub mulai hilang dari masyarakat kita. Kalau pun masih ada dan kuat, hanya di beberapa tempat. Hal ini perlu kita hidupkan kembali. Budaya guyub dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Jika warisan leluhur bangsa ini kita hidupkan kembali, Penulis yakin setiap persoalan yang ada bisa kita atasi secara bersama-sama. Masing-masing RT/RW bisa lebih mandiri dalam menyelesaikan persoalan di lingkungan masing-masing.

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Budaya guyub dan kerelawanan itu sudah terbukti ampuh dalam membangun dan menyelesaikan beberapa persoalan sosial. Para orang tua kita telah membutikan itu, budaya guyub dan kerelawanan tidak sekadar bisa menyelesaikan persoalan yang dihadapi bersama. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah, ikatan hati diantara kita sesama warga makin kuat. Karena satu dengan yang lainnya saling asih dan peduli.

Lewat komunitas OI (Orang Indonesia) Bekasi, guyub dan kerelawanan itu membawa manfaat baik bagi pribadi maupun masyarakat secara luas. OI Bekasi telah membuktikan kepada kita bahwa guyub dan kerelawanan bisa menyelesaikan masalah. Juga bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat yang manfaatnya bisa dirasakan bersama.

Dalam banyak kesempatan, OI Bekasi dan penulis melakukan aksi sosial bersama. Terutama kegiatan peduli lingkungan dan kampanye go green. Dalam beberapa kesempatan kita melakukan aksi pembuatan lubang biopori, sumur resapan, pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos dan kampanye go green di Hari Bebas Kenderaan Jalan Ahmad Yani.

Menurut hemat penulis, apa yang dilakukan oleh OI Bekasi ini sangat menarik dan memberikan inspirasi pada kita. Betapa tidak, sebuah komunitas fans musik bisa bertransformasi menjadi relawan lingkungan. Fans musisi legendaris Iwan Fals ini bisa mengkonversi emosi kebersamaan menjadi aksi nyata untuk lingkungan yang lebih baik.

OI Bekasi sukses merubah stigma fans musik yang biasanya sekadar hura-hura menjadi postif. Ini merupakan transformasi yang kita harapkan bisa menjalar pada komunitas lainnya. Dan Kota Bekasi sangat kaya akan komunitas.

Apa yang dilakukan oleh OI Bekasi menjadi bukti nyata jika kerelawanan memberikan energi postif dalam membangun masyarakat kota yang egaliter dan partisipatif.

Budaya guyub dan kerelawanan sangat kita butuhkan untuk menata Kota Patriot. Membangun kota yang ideal butuh uluran tangan semua pihak. Butuh kerelawanan dan aksi nyata untuk mencapai kehidupan kota yang lebih baik dan nyaman. Dan OI Bekasi sudah membuktikannya pada kita. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita. (Sumber: www.kompasian.com/ahmadsyaikhu)

ShareShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *