SMS CENTER 0812 9758 2662

Curug Parigi, Air Terjun Niagara Ala Bekasi

Percaya tidak? Di Bantargebang, Bekasi ada air terjun yang bentuknya seperti versi mini dari air terjun Niagara di Amerika. Padahal, Bantargebang kadung lekat dengan imej buruk sampah yang kotor.

Berjarak tidak jauh dari TPU Bantargebang di Bekasi, tersembunyi air terjun indah yang dikenal dengan nama Curug Parigi. Uniknya, Curup Parigi tampak seperti versi mini dari air terjun niagara di AS. Letaknya dekat dengan Perumahan Villa Nusa Indah 5.

Di kalangan warga Bekasi, nama Curug Parigi memang sudah populer sejak lama. Berhubung letaknya berada tidak jauh dari TPU Bantargebang, tidak sedikit juga yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Bantargebang. Walau sepertinya tidak meyakinkan, namun Curug Parigi memang ada dan mempesona.

detikTravel pun menyempatkan diri untuk singgah langsung ke Curug Parigi, Rabu (5/8/2015). Awalnya traveler perlu menyusuri Jalan Narogong hingga tiba di daerah yang dikenal dengan nama Pangkalan 5. Dari sana bisa dilanjutkan dengan naik motor atau trekking menuju Curug Parigi.

Setibanya di Curug Parigi, rasanya traveler akan dibuat kagum sekaligus terpana dengan keindahan air terjun tersebut. Rasa kagum itu pun dibalut dengan sedikit rasa tidak percaya, bahwa ternyata ada air terjun indah seperti di daerah Bekasi.

Sekilas Curug Parigi pun terlihat seperti Air Terjun Niagara di AS, hanya saja adalah versi mininya. Alasannya, terdapat patahan besar yang seakan memotong sungai dan menciptakan air terjun mini. Tinggi air terjunnya pun diperkirakan hanya sekitar dua meter saja.

Ingin tahu lebih banyak, saya pun sempat bertanya soal Curug Parigi kepada salah satu masyarakat setempat yang kebetulan berada tidak jauh dari Curug Parigi.

"Ini sungai dulu permukaannya sama, tapi karena dikeruk pasirnya lama-lama jadi seperti itu. Ini dulu kan pangkalan truk pasir," ujar Pak Ahmad yang merupakan salah salah satu masyarakat setempat.

Penamaan Pangkalan 5 yang menjadi lokasi Curug Parigi pun didasarkan pada istilah pangkalan truk pasir yang terbagi dari 1 hingga 9 di sepanjang Jalan Narogong. Adapun aktivitas penggalian pasir di Pangkalan 5 terhenti setelah dibangun Perumahan Villa Nusa Indah 5 yang terletak di sisi lain Curug Parigi.

"Dulu curugnya populer, sempat buat syuting juga, tapi sekarang sudah mulai sepi," tambah Pak Ahmad.

Adapun keindahan curug sangat ditentukan oleh debit air yang mengalir di sungai. Berhubung sedang musim kemarau, debit air tidak begitu banyak. Hanya sebagian kecil dari Curug Parigi yang dialiri air. Sedangkan pada musim hujan, seluruh sisi curug akan dialiri air, bahkan hingga rata permukannya.

Namun sayang, masih terlihat banyak sampah di sekitar Curug Parigi yang terbawa bersama derasnya sungai. Apabila bersih saja, maka Curug Parigi akan semakin terlihat mempesona dan indah.

sumber: tribunnews.com

ShareShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *