SMS CENTER 0812 9758 2662

Sehatnya Bersepeda Menuju Kantor

Bersepeda kini sudah biasa dilakukan berbagai lapisan masyarakat. Tak tertinggal juga oleh  Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu yang sering pergi ke kantor menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut. Di jalan, Ia kerap menyapa warga dan menghampiri pelajar yang sedang berangkat ke sekolah dan pelajar tersebut terkadang tak disangka melihat orang nomor 2 di Bekasi itu sedang menggunakan sepeda saat pergi ke kantornya.

Pria kelahiran Ciledugkulon, Ciledug, Kabupaten Cirebon tahun 1965 itu dapat berdialog langsung dengan warga. Sejak kecil, Wakil Walikota Bekasi ini memang hobi bersepeda. Setiap pagi dirinya berangkat kerja dari rumah dinasnya di kawasan Jakapermai, Kota Bekasi menuju ke kantornya di Jl. A Yani dengan bersepeda sejauh 4 kilometer.

“Senang saja. Selain itu, lebih memudahkan memantau wilayah dengan lebih seksama. Beda kalau berangkat kerja pakai mobil, malah sering stres terjebak kemacetan,” katanya.

Saat dijalan, dirinya kerap menemukan kejadian-kejadian unik di sekitar Bekasi yang terkadang diabadikan di kamera ponselnya.

14568138_10209432369918358_1078870883743421265_n

APA PELAJAR

Rombongan siswa yang berangkat menuju sekolah untuk menuntut ilmu kerap terkejut karena tak menyangka dapat bertatapan langsung dengan Wakil Walikota Bekasi

“Saya hanya sekedar menyapa lalu memberi semangat, agar anak-anak itu belajar lebih rajin dan lebih memilih pergi dan pulang sekolah bersepeda,” kata dia.

Putra kelima pasangan K.H Ma’soem bin Aboelkhair dan Ny. Nafi’ah yang juga menjadi pembina Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Bekasi ini juga memanfaatkan akhir pekannya untuk bersepeda.

Bersepeda, sambung dia, olahraga yang dapat memberi banyak manfaat. Semua otot tubuh aktif bekerja untuk menjaga koordinasi dan keseimbangan seluruh anggota tubuh, menguatkan jantung, persendian dan mengurangi sakit pinggang serta menyehatkan mental.

BIKE TO WORK

Menurutnya, perlu ada sosialisasi yang masif. Pemerintah daerah bersama-sama dengan komunitas sepeda berupaya mensosialisasikan manfaat penggunaan sepeda seperti di halte-halte atau setiap ada kegiatan termasuk pada Car Free Day (CFD) di Kota Bekasi.

“Di samping itu, kita dibuatkan jalur khusus bagi pengguna sepeda pada setiap CFD di Jl. Ahmad Yani, Kota Bekasi,” ujarnya.

Selain itu, saat ini ISSI Kota Bekasi sedang menyiapkan track sepeda cross country dan BMX di Summarecon Bekasi dan di Situpulo Jatisampurna.

“Alhamdulillah saya bisa ikut meramaikan Tour de Pariot yang pertama tahun 2015 sejauh 75 Km. Insya Allah, Tour de Patriot tahun ini dibagi dalam beberapa pilihan 50 Km, 100 Km dan 200 Km,” bebernya.

Syaikhu mengungkapkan dirinya telah banyak menjajaki track bersepeda. Seperti track ‘Warung Oncom’ di Cikeas, track ‘Bondol’ Bekasi, Jalur Jatiasih Bekasi, Bromo Jawa Timur, dan ke kantor menggunakan sepeda (bike to work).

“Bersepeda itu semakin sehat dan bugar, banyak teman, dan menjaga lingkungan menjadi lebih bersih, bebas dari polusi,” ucap dia mengampanyekan manfaat bersepeda. (Sumber : Poskotanews.com)

ShareShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *