SMS CENTER 0812 9758 2662

SIRINE, Cara Mudah Cari Informasi Ruang Rawat Inap dan ICU

Dua puluh tahun Kota Bekasi terus bergiat dan berupaya untuk maju dan berkembang. Berbagai program pembangunan dan pelayanan umum terus diperbaiki. Secara bertahap namun pasti, Kota Bekasi terus bekerja keras meningkatkan kualitas hidup warganya melalui program di bidang sumber daya manusia, pendidikan, budaya, kesehatan, infrastruktur dan lingkungan.

Kami tidak menutup mata jika selama ini masih banyak keluhan warga terkait keterbatasan informasi ketersediaan ruangan rawat inap. Sering kami temui dan mendapat laporan seputar persoalan informasi ketersediaan ruang rawat inap, ICU, ICCU atau NICU di Kota Bekasi.

Karena persoalan informasi yang belum mudah diakses oleh masyarakat, banyak pasien yang seharusnya mendapat pertolongan segera  justru terhambat.  Tentu ini berakibat fatal pada pasien. Penyebab non medis seperti ketersediaan  informasi ini terus kita perbaiki agar penanganan pertama terhadap pasien bisa terlayani dengan baik.

Sistem manajemen informasi kesehatan Kota Bekasi perlu kita benahi agar distribusi informasi  merata di semua lapisan masyarakat. Sudah selayaknya Dinas Kesehatan memiliki manajemen informasi kesehatan yang bisa diakses oleh masyarakat. Terutama untuk pelayanan kesehatan yang sifatnya darurat atau mendesak.

Pada puncak perayaan ulang tahun Kota Bekasi ke-20, Dinas Kesehatan memberikan jawaban yang selama ini dikeluhkan oleh warga. Dinas Kesehatan menyajikan kado yang warga butuhkan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik.

Kado ulang tahun Kota Bekasi untuk warga tersebut adalah  SIRINE. Apa itu SIRINE? SIRINE hasil karya Dinas Kesehatan ini bukan benda yang selama ini kita kenal. Bukan alat untuk membuat suara ribut. Alat yang selama ini kita tau berfungsi untuk memperingati masyarakat akan bahaya suatu bencana alam dan digunakan untuk kendaraan layanan darurat seperti ambulan, polisi, dan pemadam kebakaran. Bukan itu.

SIRINE milik Dinas Kesehatan Kota Bekasi ini adalah kependekan dari Sistem Informasi Rujukan Online. Sengaja diberi nama SIRINE untuk memudahkan masyarakat mengingatnya. Setiap kali mengingat SIRINE masyarakat teringat dengan mobil ambulan yang siap mengantar pasien ke rumah sakit.

SIRINE ini diciptakan untuk memudahkan rumah sakit atau masyarakat dalam merujuk pasien. Sistem ini telah terintegrasi dengan 38 rumah sakit swasta, serta 39 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan di Kota Bekasi.

SIRINE dibuat sebagai jawaban atas berbagai keluhan masyarakat saat merujuk pasien. Sering masyarakat merasa dipingpong saat mengantarkan pasien ke rumah sakit kemudian diinformasikan bahwa kamar RS penuh. Pergi ke rumah sakit lain dan mendapatkan jawaban yang sama. Apalagi saat kondisi pasien kritis, harus dilayani di ruang ICU, ICCU atau NICU. Satu sisi keluarga pasien ingin segera tertangani, pada sisi yang lain memang kondisi ruangan yang tidak tersedia. Kondisi seperti ini sering memicu kekecewaan bahkan konflik antara keluarga pasien dengan pihak rumah sakit.

Dengan SIRINE, sebuah Puskesmas, rumah sakit atau masyarakat bisa langsung mengakses dan melihat di rumah sakit mana tersedia ruang yang dibutuhkan. Selain informasi ketersediaan ruang rawat inap, ICU dan ICCU, SIRINE juga menyediakan fitur current position,  warga akan dimudahkan mencari informasi fasilitas kesehatan terdekat dari lokasi korban atau pasien.

Informasi tersebut terus terbaharui (update) sehingga bisa dilihat warga setiap saat. Untuk rumah sakit mitra BPJS, SIRINE bekerjasama dengan Aplicare yang secara otomatis akan terupdate melalui sistem.

SIRINE bisa diinstall melalui alat komunikasi berbasis android. Setelah terinstall kemudian melakukan sign in dengan memasukkan alamat email dan password. Baru setelah itu bisa memanfaatkan feature yang tersedia. Warga juga bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan membuka website pemerintah Kota Bekasi, www.bekasikota.go.id.

Bagi warga yang tidak menggunakan smart phone yang terkoneksi dengan internet, warga bisa menggunakan layanan ini. Caranya, dengan menggunakan Sort Massages System (SMS) Gate Way ke nomor 08 111 38 00 33. Dengan mengirimkan SMS ke jalur khusus yang telah tersedia untuk mencari lokasi rumah sakit terdekat dan ruang inap yang tersedia.

Semoga ketersedian aplikasi SIRINE ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Bekasi. Semoga aplikasi bisa membantu warga yang sedang mendapat musibah sakit. Yang terpenting, jaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan lingkungan bersih. Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati.

ShareShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *