SMS CENTER 0812 9758 2662

Jurnalis Bekasi Mengaji

Membangun sebuah kota tidak bisa sendirian. Semua pihak harus dilibatkan. Itu yang menjadi keyakinan kami dalam menjalankan pemerintahan Kota Bekasi. Saya dan Pak Walikota Bekasi Rahmat Eaffendi selalu mengingatkan hal ini pada aparatur pemerintah daerah agar  melibatkan publik dalam proses pembangunan.

Kami menyadari betul jika pembangunan kota  harus melibatkan publik. Sejatinya, kota adalah milik bersama. Untuk itu dalam mengurus kota harus melibatkan semua pemiliknya. Apalagi di dalam kota terdiri atas entitas beragam dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Potensi ini harus bisa dikelola dengan baik agar tidak terbuang dengan sia-sia.

Salah satu entitas yang menurut saya memiliki peran penting dalam membangun kota adalah kelompok jurnalis. Mereka yang secara real time mengetahui perkebangan sebuah kota. Mereka yang mengikuti perubahan kota dari waktu ke waktu. Melalui jurnalis segala informasi perkotaan sampai ke semua penjuru kota.

Distribusi informasi ini sangat penting dalam proses pembangunan. Semua pihak di sebuah kota membutuhkan arus informasi untuk menjalankan aktivitas rutinnya. Terutama bagi pelaku dunia usaha, sangat memerlukan informasi dalam menunjang aktivitas bisnisnya. Teman-teman jurnalis telah melakukan distribusi informasi tersebut dengan baik dan penuh dedikasi. Sehingga informasi tersebut menjadi dasar pertimbangan bagi pelaku dunia usaha dalam membuat keputusan bisnis.

Sementara bagi pemerintah kota, jurnalis bagaikan sahabat yang selalu mengingatkan. Adalah sahabat yang baik saling memberi nasehat dan masukan. Dan sahabat yang baik, selalu memberi nasehat tatkala sahabatnya keliru.

Banyak masukan dari teman-teman jurnalis bagi Pemerintah Kota Bekasi guna menata kota ini lebih baik dan berkarakter. Tentu masukan tersebut sangat berarti bagi kami dalam membangun kota yang amat kita cintai ini.

Hubungan baik dan saling mengisi diperlukan oleh Pemerintah Kota Bekasi dengan jurnalis. Tanpa hubungan baik dan kerjasama, rasa-rasanya sulit untuk memberikan kontribusi dalam memajukan Kota Patriot. Atas dasar itulah, kami selalu membuka hubungan dan komunikasi yang baik dengan teman-teman jurnalis.

Ada banyak medium yang kita gunakan dalam membangun hubungan baik dengan teman-teman jurnalis. Mulai dari forum yang sifatnya formal maupun non formal. Atau pun hubungan yang sifatnya intrapersonal. Melalui Bagian Humas Pemerintah Kota Bekasi, ada beberapa acara pertemuan jurnalis dengan walikota, wakil walikota dan jajaran pejabat daerah. Sarana komunikasi dengan jurnalis ini cukup beragam, seperti coffe break, buka puasa bersama dan media gathering.

Sarana yang sifatnya non formal pun ada. Dibangun atas dasar rasa kebersamaan. Sarana tersebut bernama Media Bekasi Mengaji. Kami merasa mendapat kehormatan dilibatkan dalam group sosial media (WAG) teman-teman jurnalis tersebut.

Media Bekasi Mengaji atau jurnalis mengaji menjadi sarana pengokohan silaturahhim. Baik antar jurnalis mapun jurnalis dengan Pemerintah Kota Bekasi. Kami banyak mendapat pembelajaran dari kegiatan Jurnalis Bekasi Mengaji. Yang jelas, rutinitas membaca firman-Nya makin terkelola dengan baik.

Pembelajaran lainnya soal disiplin dan komitmen dalam menjalankan kewajiban atau tugas yang sudah disepakati. Setiap anggota diberi tugas membaca satu juz Al Quran setiap minggunya. Ini perlu disiplin dan komitmen untuk menuntaskan tugas tersebut. Bagi teman-teman jurnalis, tentu soal disiplin ini bukan hal yang asing. Mereka sangat terbiasa dengan jam deadline. Menyediakan naskah berita tepat waktu.

Bagi anggota Media Bekasi Mengaji yang berhalangan dalam menjalankan tugasnya bisa dibantu secara bersama-masa. Bagi yang memiliki kelapangan, bisa membantu sahabat yang lainnya. Ini adalah model pembelajaran kerjasama dan saling membantu dalam komunitas mikro. Semoga model kerjasama ini bisa diadopsi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan lainnya. Menjadi inspirasi dalam menyelesaikan persoalan perkotaan. Penyelesaian persoalan perkotaan berbasis komunitas. Memberdayakan entitas kota yang memiliki segudang potensi. Jurnalis Bekasi Mengaji, sebuah pembelajaran yang menginspirasi.

ShareShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *