Banjir Datang, Saatnya Kita Bergandengan Tangan

Memasuki Tahun 2020, banjir datang menerjang. Di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Karawang. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), di Kabupaten Bekasi yang merupakan dapil saya, ada 63 titik daerah yang terendam air.

Banjir kali ini datang hadir tak terduga. Sebab musim penghujan baru di awal. Biasanya puncak banjir terjadi pertengahan Januari dan Februari. Di sisi lain, luas wilayah dan jumlah korban yang terdampak juga besar.

Siapapun tak ingin mendapatkan musibah. Banjir menerjang tak melihat siapa kita. Anak kecil, ibu-ibu, nenek dan kakek tak luput jadi korban.

Ini bukan saatnya kita mengutuk. Bukan saatnya marah. Bukan saatnya juga berkeluh-kesah dan saling menyalahkan. Ini saat yang tepat bagi kita untuk saling bahu-membahu. Saling membantu. Saling memeluk erat. Dan saling bergandengan tangan membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir.

Alhamdulillahi Rabbil alamin saya bangga dengan institusi dan para relawan, khususnya relawan-relawan PKS yang sedemikian sigap dan gesit untuk membantu saudara-saudara kita yang memerlukan pertolongan.

Teruslah bergerak membantu para korban yang memerlukan bantuan. Sambil melafazkan doa saat musibah semacam ini hadir, seperti yang diajarkan Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
(Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allahumma ‘alal
aakaami wadz dzirabi wa buthuunil awdiyati wa manabitis syajari)
“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami. Ya, Allah! turunkanlah hujan di dataran tinggi, di bukit-bukit, di perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Do’a ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ketika hujan tak kunjung berhenti (dalam sepekan), Nabi shallallahu'alaihi wa sallam lantas memohon pada Allah agar cuaca kembali cerah. Lalu beliau membaca do’a di atas.
(HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897).

Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita untuk dapat membantu saudara-saudara kita yang sedang kesulitan dan segera Allah mudahkan dalam mengatasi musibah ini dan saudara-saudara kita bisa bangkit kembali membangun optimisme masa depan. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *