Catatan Harian: Robek, 13 Tahun Berkiprah Ajak Masyarakat Mencintai Sepeda

Ahad (19/1) menjadi hari yang membahagiakan bagi saya. Di tengah padatnya agenda kegiatan, saya bisa membersamai sahabat-sahabat saya di komunitas sepeda Rombongan Bekasi(Robek).

Hari itu, Robek merayakan ulang tahunnya yang ke-13. Cukup panjang usia komunitas ini. Kiprahnya mengajak orang bersepeda tak hanya di Bekasi. Bahkan, melewati batas Bekasi.

Kalau diperhatikan, dalam lima tahun terakhir di halte-halte bus di Kota Bekasi, sebagian kita jumpai kampanye bersepeda dari berbagai komunitas sepeda. Untuk diketahui, itu dipelopori oleh Robek.

Saya bangga, Bekasi yang sempat dibully sekitar tujuh tahun yang lalu karena kemacetan dan sebagainya, tapi masih ada warganya yang menjadi pionir kebaikan secara nasional. Salah satunya Robek. Mereka tegar, tak terpengaruh dengan stigma negatif terhadap Kota Bekasi.

Saya pernah bike to work bersama teman- teman Robek menuju DPR RI. Satu hal yang sering dikeluhkan para pesepeda adalah, jalur sepeda masih sangat minim. Para Biker tersisih oleh kendaraan bermotor dan itu sangat membahayakan.

Semoga ke depan pemerintah dan pemerintah daerah akan lebih banyak lagi menyiapkan jalur-jalur khusus sepeda.

Leave a Comment