Tebar 50 Ribu Benih Ikan dan Menjaga Situ Kita

Kamis (5/3/2020) saya diundang oleh Bang Doni Ardin, Direktur Bumdesa Bermutu Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Beliau mengajak saya menebar 50 Ribu benih Ikan Nila untuk restoking di Danau Binong Hegarmukti Cikarang Pusat.

Hadir dalam kesempatan itu anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Budiyanto, Kepala Cabang Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat Dede Hermawan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Zainal Arifin, Camat Cikarang Pusat, Lurah Hegarmukti, Perwakilan Delta Mas, LSM dan pers di Kabupaten Bekasi.

Sebanyak 50.000 bibit Ikan Nila yang ditebar berasal dari Balai Benih Ikan Wanayasa Cabang Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat. Balai Benih Ikan Wanayasa ini bukan hanya memenuhi kebutuhan bibit ikan di Jawa Barat, tetapi juga terkadang melayani permintaan dari berbagai provinsi lain di Indonesia.

Saya sangat berharap, penyebaran bibit ikan ini bagian dari upaya memberdayakan Bumdes. Karena menurut Kepala Cabang dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat, apa yang kita sebar hari ini insya Allah dalam waktu enam bulan ke depan akan menjadi 6 ton ikan yang siap dikonsumsi.

Hal yang perlu dilakukan setelah menebarkan ikan adalah menjaga situ agar jangan ada orang yang mengambil ikan dengan cara disetrum atau diracun. Oleh karena itu perlu dibuatkan rambu-rambu peringatan di sekeliling Setu sebagai bahan edukasi bagi masyarakat yang datang ke lokasi situ.

Leave a Comment