Posyandu Bukan Sekedar Menimbang Bayi

Bekasi – Posyandu bukan sekedar mengurusi tumbuh kembang bayi tapi memegang peranan penting dalam kehidupan keluarga. Demikian kalimat yang ditulis Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu dalam akun twit nya @syaikhu_ahmad yang diberi hastage #revitalisasiposyandu.

“Dulu kita mengenal posyandu hanya sekedar menimbang bayi. Padahal perannya sangat banyak,” tutur nya dalam kultwit, Selasa (24/12/2013).

Menurutnya, Posyandu saat ini juga mengurusi masalah kehamilan, bayi, balita bahkan hingga lansia. Bahkan kata Syaikhu, posyandu juga biasa melayani penyuluhan kesehatan, reproduksi dan keluarga.

Ia juga mengapresiasi kader-kader posyandu yang telah berkorban dan antusias dengan penuh semangat, walau tidak digaji dan diberi insentif yang memadai.

Namun demikian untuk mempercepat dan menguatkan Posyandu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan telah menunjuk Pendamping Kader Posyandu (PKP).

Ia menjelaskan, peran PKP makin dirasakan penting karena mampu melakukan akselerasi revitalisasi posyandu bekasi di setiap kecamatan.

Hal ini diperkuat dengan keputusan Gubernur Jabar yang telah menganggarkan revitalisasi posyandu yang meningkat setiap tahun nya seperti tahun 2012 sebesar 800ribu, tahun 2013 sebanyak 1jt dan akan bertambah pada 2014 sebesar 1,75jt per posyandu.

Sedangkan untuk kader-kader posyandu, secara khusus akan diberikan insentif oleh Pemkot Bekasi. “Insya Allah Pemkot Bekasi akan memberi insentif untuk kader-kader posyandu,” kata Wawalkot yang disapa Bang Syaikhu ini.

Ia menambahkan, jika posyandu bisa lebih berdaya maka diharapkan bisa mendeteksi sejak dini kasus-kasus seperti gizi buruk.

Begitu pula dengan keluarga, jika didalamnya kokoh maka kasus-kasus yang sering mencuat seperti kenakalan remaja, narkoba maupun kekerasan terhadap anak akan turun. (feb)

Leave a Comment