Jembatan Tol Bekasi Timur Segera Diperlebar

Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, optimistis proyek pelebaran jembatan Jalan Joyo Martono, depan gerbang tol Bekasi Timur, akan mengurangi satu titik kemacetan di wilayah setempat.

“Saat ini ada 19 titik kemacetan yang tengah ditangani Pemerintah Kota Bekasi. Salah satunya di depan gerbang tol Bekasi Timur. Kami bersyukur jembatan itu segera diperlebar pada tahun ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Supandi Budiman, di Bekasi Sabtu.

Menurut dia, jembatan sepanjang 200 meter itu selama ini menjadi penyebab kemacetan akibat badan jalan yang sempit.

“Jalan Joyo Martono selama ini mengalami penyempitan tepat di jembatan Tol Bekasi Timur. Sehingga kalau itu diperlebar, maka kemacetan dari arah Bulak Kapal dan sebaliknya bisa terurai,” katanya.

Proyek pelebaran jembatan dari enam meter pada saat ini menjadi delapan meter tersebut akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum pada 2014.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Pemkot Bekasi Tri Adiyanto menambahkan jembatan tersebut dirasa tidak lagi mampu menampung beban volume kendaraan karena selalu menjadi biang kemacetan saat jam sibuk.

“Kementerian PU berencana melebarkan badan jembatan agar tidak lagi terjadi penyempitan jalan di sekitar lokasi itu,” katanya.

Dikatakan Tri, pintu tol Bekasi Timur merupakan salah satu akses masuk ke Kota Bekasi, tapisayang pendatang kerap dihadapkan dengan kamacetan hingga 1 kilometer saat keluar tol akibat kondisi tersebut.

“Ke depan kami ingin bentuknya sepeti Bekasi Barat, yang mana jalan-jalannya telah diubah menjadi lebih lebar dan nyaman,” katanya.

Dikatakan Tri, Kementerian PU telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp35 miliar untuk proyek tersebut.[bs/fbi]

Leave a Comment