Ini Kemeriahan Pawai Budaya Kota Bekasi 2016

BEKASI SELATAN – Berbeda dengan tahun lalu, kali ini pawai budaya pada puncak perayaan HUT Kota Bekasi yang ke-19 diadakan di Jalan A.Yani, Bekasi Selatan, sampai dengan bundaran Summarecon Bekasi.

Pawai budaya tersebut langsung dihadiri oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu yang didampingi oleh istri masing – masing serta unsur muspida dan para legislatif. Satu persatu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seniman serta komunitas menyapa dan memberikan berupa bingkisan makanan khas Bekasi kepada orang nomor satu dan orang nomor dua tersebut.

Rahmat Effendi yang ditemani istrinya Gunarti dan Ahmad Syaikhu yang ditemani istrinya Lilik Wakhidah itu mengenakan pakaian khas Betawi dengan ditemani anak dan kerabatnya.

Pawai budaya yang menampilkan budaya nusantara cukup memikat para warga sekitar yang melihat, tahun lalu pakaian yang dikenakan para peserta tak sebanyak tahun ini. Adapun ribuan peserta yang mengenakan pakaian – pakaian adat daerah, budaya dari berbagai nusantara ditampilkan pada pawai tersebut. Acara yang berlangsung selama dua jam ini berjalan secara lancar dan meriah.

Sementara itu Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan pawai budaya tersebut bertujuan untuk mempertontonkan keanekaragaman di Kota Bekasi. Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui betapa heterogennya wilayah Kota Bekasi.

“Ada agama Islam, Hindu, Kristen, Katolik dan Budha. Tak hanya itu, di sini juga ada yang mengenakan pakaian suku daerah di Indonesia,” katanya, Sabtu (12/3).

Pepen sapaan akrabnya meminta, agar masyarakat bisa mengedepankan rasa toleransi, karena wilayah Kota Bekasi diisi oleh berbagai macam etnis. Dia menyebut, dari 2,4 juta penduduk di Kota Bekasi, setidaknya 33 persen berasal dari etnis Jawa. Sementara suku Betawi asal Bekasi hanya tersisa 28 persen dan suku Sunda berjumlah 18 persen.

Sementara itu Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu menyampaikan apresiasinya atas partisipasi aparatur pemerintahan dan masyarakat dalam acara pawai budaya yang merupakan rangkaian kegian HUT Kota Bekasi yang ke 19.

“Luar biasa partisipasi warga pada pawai budaya ini,” katanya. (Dioalah dari GoBekasi)

Leave a Comment