Kelola Informasi melalui aplikasi Pengaduan Online Terpadu

Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu berharap Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) lebih optimal untuk mengantisipasi segala potensi kerawanan di masyarakat. Anggota FKDM ini tugasnya melakukan koordinasi serta deteksi dini kerawanan kewilayahan dengan pimpinan wilayah (Lurah dan Camat serta Jajaran), anggota TNI/Polri.

“Harapan pa wali dan saya ini akan bisa wujudkan Kota Bekasi yang nyaman.  Meminimalisir gejolak di masyarakat berkat optimalnya peran FKDM,” kata Wawali Ahmad Syaikhu di depan puluhan anggota FKDM pada sosialisasi yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi di aula Kantor Kecamatan Rawalumbu Rabu, (26/10).

Menurut Ahmad Syaikhu, FKDM dapat mengelola informasi lebih baik lagi dengan menggunakan aplikasi Pengaduan Online Terpadu (POT). Kata dia, Aplikasi ini layanan pengaduan masyarakat memanfaatkan perangkat canggih yang kini banyak dipakai warga. “Smartphone kita perlu ditingkatkan kegunaanya bukan hanya bisa Whatsapp atau email saja,” jelas Ahmad Syaikhu.

Dalam tiap kesempatan Ahmad Syaikhu memapaparan Bekasi Smart City, baik di depan pelajar dan forum masyarakat, Ahmad Syaikhu kerap menggunakan smartphone miliknya yang ia fungsikan sebagai remote control mengganti slide paparan. Sejumlah slide paparan materi Bekasi Smart City tersedia di smartphonenya dan ia koneksikan dengan proyektor yang sebelumnya sinkron dengan notebook.

Disalah satu slide materi, Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu menampilkan ikon aplikasi POT yang memiliki icon dengan gambar pot serta dihiasi ranting-ranting bunga. Ia kemudian menampilkan beberapa isi keluhan warga diaplikasi POT diantaranya keinginan atau aspirasi warga agar klub Sepakbola Persija bisa menggunakan stadion Patriot Candrabhaga, dan satu keluhan mengenai sampah liar yang sudah 2 minggu belum diangkut.

“Dengan adanya layanan lewat aplikasi ini warga bisa ikut memberikan informasi dan keluhannya. Dengan informasi segera ditindaklanjuti SKPD terkait,” papar Ahmad Syaikhu.

Usai kegiatan tersebut, Wawali Ahmad Syaikhu meninjau pelayanan di Kecamatan Rawalumbu seperti pelayanan surat kependudukan dan perekaman E-KTP. Kasie Kependudukan Rawalumbu, Pinto mengatakan pihaknya setiap hari menerima sedikitnya 200 warga untuk merekaman E- KTP.

“Bersama Kita ujudkan Bekasi Kece (Keren dan Cerdas) untuk bekasi lebih baik. Sesuai visi misi masyarakat Kota Bekasi Maju, Sejahtera dan Ihsan,” harap Ahmad Syaikhu. (Sumber : I-Bek.com)

Leave a Comment